jual kopi bandung
JUAL KOPI BANDUNG
Rp. 35.000
WA 085710475675
jual kopi bandung

Menurut Tisna, saat ini sebagian besar kopi hasil panen petani Kabupaten Bandung memang sudah memiliki kualitas tinggi. Terbukti dengan rata-rata skor spesialti yang mencapai 85.

Meskipun demikian, Tisna mengaku bahwa masih ada beberapa petani yang hingga saat ini belum menguasai uji cita rasa. Akibatnya mereka tak jarang masih tertipu oleh pengepul yang menyatakan hasil produk mereka berkualitas rendah sehingga agar bisa membelinya dengan harga rendah.

Tisna tak manampik jika wawasan soal uji cita rasa bisa membuat para petani atau kelompok tani bisa mengikuti ajang lomba spesialti untuk meningkatkan citra produk mereka. "Kebetulan pada Oktober 2019 nanti, Kabupaten Bandung menjadi tuan rumah lomba kopi spesialti tingkat nasional," ucapnya.
Di sisi lain, Tisna berharap semakin banyaknya petani yang menguasai uji cita rasa, bisa membuat kopi Kabupaten Bandung memiliki cita rasa khas yang tak dimiliki oleh daerah lain di seluruh dunia. Hal itu sesuai dengan harapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menginginkan cita rasa kopi khas "Jabarano".

"Sebagai daerah penghasil kopi terbesar di Jabar, kami ingin mengusulkan cita rasa khas yang diharapkan untuk kopi "Jabarano". Jangan sampai kalah dari Americano, Exelco atau yang lainnya," tutur Tisna.

Tisna menambahkan, saat ini Kabupaten Bandung bisa menghasilkan sedikitnya 2.500 ton kopi per tahun. Jumlah itu didapat dari sekitar 11.000 hektar yang dikelola oleh 246 kelompok tani yang beranggotakan 15-25 orang petani.

Meski tak menampik masih ada petani yang menjual kopi dalam bentuk ceri, Tisna menegaskan bahwa sebagian besar petani kopi Kabupaten Bandung sudah menjual hasil panen mereka dalam bentuk olahan minimal green bean. "Itu sudah mampu meningkatkan nilai ekonomis hasil panen karena harga ceri hanya Rp 9.000 sedangkan green bean bisa mencapai minimal Rp 95.000 per kilogram," ujarnya.

Reviews:

Posting Komentar

RIZKI FADIL ITECH © 2014 - Designed by Templateism, Distributed By Blogger Templates | Templatelib

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.